Blog

10 Website Berdasarkan Fungsinya

10 Website Berdasarkan Fungsinya

10 Website Berdasarkan Fungsinya

07 September 2019

Website dibagi menjadi beberapa bagian berdasarkan fungsi, sifaat, dan platform. Yang kali ini akan kita bahas adalah pembagian website berdasarkan fungsinya.

Disini ada 10 jenis website berdasarkan fungsinya. Apa saja? Yuk langsung saja disimak !

 

1. Blog atau Personal Website

Merupakan website milik individual atau pribadi yang berisi konten atau informasi mengenai hal-hal yang memang ingin di posting oleh pemilik website. Misalnya saja pengalaman travelling, makanan, DIY bahkan makeup.

 

2. Entertainment Website

Website yang termasuk ke dalam Entertaiment anatara lain adalah website promosi, website game online, website film/bioskop, dan website untuk mempromosikan suatu group band atau penyanyi.

 

3. Community Website

Website ini biasanyay berisi kumpulan beberapa orang yang memiliki hobi atau kesukaan yang sama dan berkumpul membentuk suatu komunitas.Atau lebih dikenal dengan istilah forum.

Di situs ini, user dapat saling bertukar informasi dan membentuk group-group untuk bersosialisasi. Contohnya adalah kaskus.id

 

4. Educational Website

Website ini adalah sebagai sarana personalisasi hubungan antara pusat dan komunitas pendidikan (murid atau mahasiswa) agar dapat saling berkomunikasi dan mendapatkan info terbaru.

Contohnya adalah website universitas.


5. E-Commerce

Merupakan website dimana terjadinya kegiatan jual-beli secara online. Memiliki fitur  menampilkan produk, pengecekan ketersedian produk, pemesanan dan transaksi online. Saat ini ada banyak sekali situs e-commerce di internet. Contohnya; Shopee, Lazada, Amazon.com, dan yang lainnya.


BACA JUGA : 7 Search Engine Yang Sudah Ada Sebelum Google

 

6. Government Website

Merupakan suatu website resmi milik pemerintah lokal, departemen pemerintahan, atau pemerintah nasional suatu negara.

Biasanya website resmi ini juga mengoperasikan website lainnya yang bertujuan untuk memberi informasi mengenai suatu daerah berikut dengan peraturan-peraturan di dalamnya.

 

7. Company Profile

Company profile biasanya dibuat oleh perusahaan untuk menampilkan informasi bisnis mereka seperti produk atau jasa, visi misi, dan halaman kontak.

Biasanya, website company profile lebih fokus kepada desain tampilan website yang menawan namun informasi yang dibutuhkan pengunjung tetap ditampilkan dengan jelas.

 

8. News Portal

Sesuai namanya, website ini khusus menyajikan berita-berita dia suatu negara atau wilayah. Baik itu berita politik, kriminal, dan yang lainnya.

Contohnya adalah detik.com, liputan6, kompas, dan yang lainnya.

 

9. Archive

Website jenis ini digunakan untuk atau menyimpan konten elektronik yang terancam akan hilang. Contohnya adalah Internet Archive yang sejak tahun 1996 telah menyimpan dengan baik miliaran halaman website.

Contoh lainnya adalah Google Groups yang pada awal tahun 2005 telah mengarsip lebih dari 845 juta pesan yang diposting ke grup-grup diskusi online.


10. Dating

Kalian para user yang masih jomblo, bisa mencoba situs yang satu ini. Dalam situs dating kalian bisa menemukan seseorang menjadi pasangan dalam hubungan jangka panjang, kencan, pertemuan singkat ataupun persahabatan.

Ada beberapa website dating gratis, tapi ada juga yang berbayar.


Yuk cek http://zignatic.com/ untuk artikel menarik lainnya. Jangan lupa klik menu lainnya juga ya !