Blog

6 Inovasi Yang Mengubah Sejarah Konsol Game

6 Inovasi Yang Mengubah Sejarah Konsol Game

6 Inovasi Yang Mengubah Sejarah Konsol Game

20 September 2019

1. Nintendo Wii

Nitendo merupakan perusahaann yang sudah berdiri lebih dari 100 tahun dan selalu berhasil menciptakan inovasi baru dalam dunia game, yaitu konsol dengan motion sensor yang sukses di dunia. Yap! Nitendo Wii

Nintendo Wii juga menggebrak tren gaming di mana konsol ini menggunakan kontroler yang bentuknya serupa dengan remote televisi.

Meskipun mendapat cemoohan ketika pertama dirilis tahun 2006, kesuksesan Nintendo Wii kemudian menginspirasi konsol lain untuk membuat konsol dengan motion sensor.

 

2. Game Boy

Game Boy adalah konsol handheld pertama yang diciptakan di dunia. Debut Game Boy di tahun 1989 merupakan momen terpenting dalam sejarah game.

Sayangnya, di kala itu game hanya bisa dimainkan di dalam rumah menggunakan home console atau di dingdong.

Jika Nitendo nggak pernah menciptakan Game Boy. Mungkin industri game pasti nggak akan sesukses dan sebesar sekarang, geng.

 

3. Magnavox Odyssey

Magnavox Odyssey merupakan home console pertama yang pernah diciptakan. Konsol yang diciptakan tahun 1972 ini memiliki jasa yang besar dalam sejarah game. Meskipun begitu, Magnavox Odyssey nggak sukses di pasaran.

Game yang cuma sedikit dan nggak menarik, gagal menarik perhatian konsumen yang berharap produk lebih mengesankan dan sepadan dengan harganya.


BACA JUGA : Alasan HP Produksi Cina Lebih Laris

 

4. Oculus Rift

Oculust Rift awalnya merupakan sebuah proyek yang didanai oleh masyarakat melalui kampanye di internet. Kampanye ini berhasil mengumpulkan dana sebesar US$ 2,5 juta untuk pembiayaan riset dan pengembangan headset VR satu ini.

Ketika diluncurkan perdana, semua orang pun langsung terkesima dengan teknologi ini. Oculust Rift membuat impian bermain game VR menjadi nyata. Karena kesuksesannya, Facebook pun membeli perusahaan Oculus dengan harga US$ 2 miliar pada tahun 2014.


5. PlayStation

Sebelum PlayStation ke dunia pada tahun 1994, semua orang menganggap kalau konsol game hanya bisa digunakan untuk bermain game saja.

Nggak seperti pesaingnya, NES, PlayStation sudah memperkenalkan game dalam format CD-Rom. Selain untuk main game, PS1 juga bisa digunakan untuk mendengar CD musik, geng.

 

6. Nintendo Entertainment System

NES atau Nintendo Entertainment System merupakan home console pertama Nintendo yang dipasarkan di luar Jepang. NES ditargetkan untuk mengalahkan dominasi Atari 2600 di Amerika Serikat.

Ketika pertama kali dijual di luar negeri pada tahun 1985, NES berhasil mengejutkan konsumen karena desainnya yang futuristik dan fiturnya yang canggih.

Banyak franchise legendaris Nintendo yang dimulai dari konsol satu ini. Contohnya, Metroid Franchise dan game terbaik sepanjang masa, The Legend of Zelda franchise.


Yuk cek http://zignatic.com untuk artikel menarik lainnya. Jangan lupa klik menu lainnya juga ya !