Blog

Mengatasi Blue Screen Pada PC Atau Laptop

Mengatasi Blue Screen Pada PC Atau Laptop

Mengatasi Blue Screen Pada PC Atau Laptop

06 November 2019

Laptop atau pc kamu pernah berubah layar menjdi biru secara tiba-tiba? Itu nmanya blue screen. Baisanya blue screen ditandai dengan hang atau freeze tiba” kemudian layar menjadi biru.

Ada Beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya blue screen, seperti multi task yang terlalu berat atau overclocking PC. Tpi kalian tidak perlu panik saat terjadi blue screen, karena biasanya laptop atau pc kalian akan restart otomatis.

Trus bagaimana cara mengatasinya supaya tidak terjadi bluescreen lagi? Langsng aja check it out !

 

1. CMD

a. Ketik CMD pada kolom search di windows 10

b. Klik kanan kemudian pilih Run As Administrator, jika muncul User Account Window pilih Yes

c. Masukkan perintah sfc/scannow lalu tekan Enter. Maka secara otomatis akan melakukan pengecekan kerusakan yang ada

d. Jika sudah mencapai 100%, kalian bisa langsung restart PC atau Laptop kalian.

e. Selesai

 

2. Bersihkan RAM PC atau Laptop

RAM memang menjadi salah satu komponen yang mudah mengalami eror terutama jika umur pemakaiannya sudah lama. RAM sendiri merupakan salah satu komponen penting yang berfungsi untuk membaca, menyimpan data sementara, dan berbagai instruksi program. Oleh karena itu, kalian perlu memperhatikan kebersihan dari RAM itu sendiri.

Cara untuk membersihkannya pun sangat gampang, hanya tinggal menggosokkan penghapus ke bagian logam kuning RAM. Tapi jika masih saja mengalami blue screen, kalian harus ganti RAM yang baru guys.

 

BACA JUGA : Mengamankan Akun Instagram dari Hacker

 

3. Berhenti Overclocking PC

Buat kalian yang sering overclock PC untuk melihat sekuat apa kinerja PC kalian sebaiknya berhenti deh. Overclocking di awal penggunaan memang tidak apa, tapi jika sering dilakukan bisa menyebabkan perangkat sistem menjadi tidak stabil dan rusaknya komponen PC.

Dan bukan tidak mungkin kalau hal ini bisa juga menyebabkan blue screen. Biasanya kode yang muncul pada masalah ini yaitu CLOCK-WATCHDOG-TIMEOUT. Oleh karena itu  kalian bisa berhenti melakukan overclocking pada laptop atau PC.

 

4. Instal Ulang Driver VGA

Masalah blue screen yang disebabkan oleh kesalahan VGA sendiri biasanya ditandai dengan kode eror seperti VIDEO_TDR-ERROR, VIDEO-DRIVER-INIT-FAILURE, VIDEO_SCHEDULER-INTERNAL_ERROR, dan lain-lain. Untuk mengatasi blue screen dengan kode eror semacam ini kamu bisa coba hapus driver VGA lama lewat Safe Mode kemudian instal kembali driver VGA.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan update driver VGA ke versi yang paling baru guys.

 

Kalau ke empat cara diatas sudah kalian lakukan tapi masih saja terjadi blue screen, solusi terakhirnya adalah Install Ulang Windows kalian. Tapi perlu diingat ya, penggunaan PC yang sudah lebih sari 5 tahun juga perlu diperhatikan kinerja komponennya, kalau sudah mulai lambat, sebaiknya kalian menabung buat beli PC atau laptop baru guys !

Semoga Bermanfaat !

 

Yuk cek http://zignatic.com untuk artikel menarik lainnya. Jangan lupa klik menu lainnya juga ya !