Blog

Tips Belanja Online Supaya Tidak Tertipu

Tips Belanja Online Supaya Tidak Tertipu

Tips Belanja Online Supaya Tidak Tertipu

02 Desember 2019

Banyaknya orang yang membuka toko online di instagram membuat orang bertanya – tanya, bagaimana cara berbelanja online di Instagram. Caranya sangat sederhana, jika kamu pernah melakukan jual beli di Kaskus maka kamu tidak akan menemukan kesulitan, biasanya akun olshop sudah memberikan contact person yang bisa dihubungi lewat Whatsapp atau Line, sehingga akun Instagram sebenarnya hanya media untuk mengiklankan produknya lewat foto – foto yang menarik, transaksi pun terjadi lewat chatting di Whatsapp atau Line.

Berbelanja di Instagram memang tidak ada jaminan keamanan, karena akun yang menjual dagangannya berdiri secara independen, sehingga sangat besar peluang untuk melakukan aksi tipu – tipu. Belajar dari pengalaman banyak orang yang berbelanja secara online lewat Instagram yang tertipu dengan gambar yang diberikan, barang palsu, bahkan barang yang tidak sampai ketempat pembeli maka kali ini Tim Zignatic akan memberikan tips untuk berbelanja online secara aman.

 

1. Baca Testimoni Pembeli, Cek Asli atau Palsu

Banyak yang menganggap bahwa akun dengan followers yang banyak tentu kredibel. Nyatanya, jumlah follower bukanlah pertimbangan utama. Saat membeli barang, kamu perlu melihat testimoni dari para pembeli, biasanya akun online shop memposting testimoni dari para pelanggannya, Nah, kamu bisa melakukan cek lagi apakah testimoni tersebut palsu atau asli.

 

2. Melihat Kolom Komentar Pada Postingannya

Jelas hal ini sangat penting, feedback yang diterima suatu akun olshop baik atau tidaknya dapat kita lihat melalui kolom komentarnya, jika banyak orang yang berkomentar buruk berarti kamu harus menghindari membeli barang dari sana, namun jika responnya baik kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli barang disana.

 

3. Lihat Siapa yang Menjadi Endorser

Seperti fungsi normalnya sebgai social media, Instagram dipakai untuk menambah jumlah follower bagi beberapa orang, dengan follower yang banyak tentu sesorang menjadi terkenal di Instagram, hal ini membuat artis – artis Instagram bermunculan. Celebgram menjadi daya tarik tersendiri bagi para pebisinis, karena dengan mengiklankan produknya ke celebgram tentu dengan mudah juga mendapatkan feedback dari para pengikutnya. Tidak semua barang yang di endorsed terjamin 100% bagus. Satu hal yang harus kamu pastikan artis dan selebgram yang di endorse merupakan orang yang cukup kredibel sehingga dia juga memilih barang yang tidak asal – asalan.

 

4. Cek Gambar Produk dan Deskripsi

Biasakan sebelum membeli pastikan kamu mengecek kembali spesifikasi produk dengan cermat dan teliti. Biasanya gambar bisa jadi menipu atau tidak sesuai dengan ekspetasi. Selain itu juga ada kasus penjual yang salah mengirim pesanan (entah sengaja atau tidak). Sebab itu , pastikan kamu menyimpan capture pemesanan kamu yang terjadi di Whatsapp, Sms. BBM, atau Line. Sehingga jika terjadi hal yang tidak diinginkan kamu memiliki bukti pemesanan.

 

5. Bandingkan Harga dan Dapatkan Harga Terbaik

Penipuan terjadi bukan hanya dengan barang yak tidak sesuai gambar atau barang yang tidak dikirimkan ke tempat. Namun, juga lewat harga. Jadilah pembeli yang teliti, dengan survei harga dibeberapa akun dengan barang yang sama. Karena pemebeli yang smart adalah pembeli yang mampu berhemat atau mendapatkan produk dengan harga terbaik. Karena jarang sekali ada toko online di instagram yang memberikan kesempatan atau ruang untuk tawar menawar, maka tidak ada salahnya untuk mencoba membandingkan harga terlebih dahulu.


BACA JUGA : Tips Me Time Saat Weekend


6. Pilih Metode Pembayaran yang Paling Aman

Berbelanja di Instagram sangat berbeda jika belanja di e – commerce seperti BukaLapak atau Tokopedia yang memberikan keamanan untuk bertrasaksi menggunakan rekening bersama. Para pedagang di Instagram banyak yang berskala kecil sehingga kamu bisa meminta untuk memilih jasa COD atau bayar ditempat, dengan metode pembayaran seperti ini tingkat keamanan lebih besar dan minim resiko tertipu.

 

7. Cari Online Shop yang Memiliki Toko Fisik

Tak semua pedagang online membuka usaha dalam skala kecil, namun banyak juga para pebisnis dengan skala besar yang ikutan bukalapak di Instagram, tentu ketika kamu memilih suatu barang di suatu akun yang memiliki toko fisik akan lebih aman ketimbang akun yang hanya mengandalkan online saja. Karena ketika ada masalah, kamu bisa datang ke tempatnya untuk mengkonfirmasi masalah tersebut.

 

8. Penjelasan Mengenai Akun

Kamu bisa memperhatikan toko online yang mau memberikan informasi lengkap mengenai alamat toko, alamat website, nomor telepon, dan informasi pribadi lainnya. Jika toko online tersebut memberikan informasi yang lengkap artinya pemilik toko tersebut terbuka dan tidak berniat curang.

 

9. Cari yang Memiliki Website Resmi

Tingkat keseriusan suatu toko bisa dilihat dari website resminya, jika toko yang kamu pilih hanya mengandalkan blogspot atau semacamnya maka kamu harus mempertimbangkan dengan hati – hati. Sebaliknya, jika toko yang kamu pilih memiliki website resmi maka toko tersebut bisa cukup dipercaya dengan tetap meilhat informasi lainnya yang ada pada website resmi.


10. Siapa Pemilik Tokonya

Para pebisnis yang serius dan kredibel pasti tidak akan malu untuk memberikan akun pribadi kedalam informasi tokonya, juga dia pasti cukup terbuka, nah hal ini bisa jadi salah satu cara untuk menghindari penipuan, jika kita sudah tahu siapa ownernya maka akan mudah jika suatu saat terjadi masalah pada pemesanan.

 

Yuk cek http://zignatic.com/ untuk artikel menarik lainnya. Jangan lupa klik menu lainnya juga ya !