Blog

Hemat Kuota Internet

Hemat Kuota Internet

Hemat Kuota Internet

27 Februari 2020

1. Gunakan Mode Offline di beberapa Aplikasi

Aplkasi seperti Google Maps ternyata cukup memakan banyak kuota. Apalagi jika digunakan untuk turn by turn directions, melihat traffic real time, dan melihat map secara realtime. Untuk mengatasinya, kalian bisa Klik Search Bar di atas aplikasi Maps > Cari pilihan Save map to use offline > Lalu pilih save

Untuk pengguna iOS, kamu bisa menuju settings > privacy > lalu matikan pilihan 'Location Services'.

Jika ingin online kembali, cukup aktifkan kembali pilihan yang sebelumnya dirubah.

Selain Google Map, Youtube juga lumayan menghabiskan kuota. Jika kalian akan berpergian jauh dimana tidak ada wifi, kalian bisa mendownload video yang kalian ingin tonton di youtube yang secara otomatis bisa ditonton saat mode offline.

Aplikasi streaming musik juga demikian, lebih baik kalian download lagunya agar bisa didengarkan secara offline.

 

2. Chrome Data Saver

Browsing ternyata cukup menghabiskan kuota juga lho, apalagi jika website yang dikunjungi cukup berat. Tenang saja, kalian Bisa menggunakan browser Chrome lalu mengaktifkan fitur Data Saver.

Pilih menu Settings > Data Saver > ON. Fitur ini akan mengompres data kamu hingga 50% untuk mengurangi pemakaian data di HP Android kamu. Hemat sekali bukan?

 

3. Matikan Update Aplikasi Otomatis

Aplikasi yang ada di Hp kalian biasanya akan melakukan update secara otomatis baik saat terhubung ke wifi maupun menggunakan kuota. Bisa repot kalau ada belasan aplikasi yang Update disaat yang bersamaan. Untuk menghindari hal itu, kalian bisa buka Play Store lalu masuk ke menu Settings Auto-update apps > Auto-update apps over WiFi Only.

 

4. Matikan Sinkronisasi Aplikasi yang tidak Penting

Sinkronisasi aplikasi terkadang membuat aplikasi langsung terhubung ke internet bahkan saat kita tidak menggunakannya. Untuk mengatasi hal itu, kalian bisa mematikan sinkronisasi aplikasi yang jarang kalian gunakan.

Caranya, masuk Settings > Accounts > kemudian pilih akun yang tidak ingin kamu sinkronisasikan.

Untuk iOS, buka settings > general > lalu pilih nonaktifkan background app refresh.