Blog

Memilih Antivirus Yang Tepat Sesuai Kebutuhan

Memilih Antivirus Yang Tepat Sesuai Kebutuhan

Memilih Antivirus Yang Tepat Sesuai Kebutuhan

28 Februari 2020

Virus merupakan salah satu momok terbesar bagi Anda pemilik laptop maupun PC. Virus komputer umumnya dapat merusak perangkat lunak komputer dan tidak dapat secara langsung merusak perangkat keras komputer tetapi dapat mengakibatkan kerusakan dengan cara memuat program yang memaksa over process ke perangkat tertentu.Efek negatif virus komputer adalah memperbanyak dirinya sendiri, yang membuat sumber daya pada komputer (seperti penggunaan memori) menjadi berkurang secara signifikan.Hampir 95% virus komputer berbasis sistem operasi Windows. Sisanya menyerang Linux/GNU, Mac, FreeBSD, OS/2 IBM, dan Sun Operating System. Virus yang ganas akan merusak perangkat keras. 
Serangan virus dapat dicegah atau ditanggulangi dengan menggunakan antivirus.Antivirus merupakan perangkat lunak ini dapat juga mendeteksi dan menghapus virus komputer. Virus komputer ini dapat dihapus dengan basis data (database/ Signature-based detection), heuristik, atau peringkat dari program itu sendiri (Quantum).

Ada berbagai macam virus komputer yang bertebaran seiring bertambahnya jenis virus yang ada saat ini. Tidak semua antivirus bagus untuk laptop maupun komputer Anda, maka dari itu anda harus jeli memilih tipe antivirus sesuai kebutuhan.


1. Baca Keterangannya

Banyak website di internet yang menginformasikan mengenai review antivirus seperti antivir, avg, avast, ansaf, smadav, dan sebagainya. Pelajari dulu review tersebut sehingga anda tahu apa saja yang ada di dalamnya (bisa menangkal virus apa saja). Tiap computer biasanya memiliki masalah yang berbeda. Disarankan untuk memilih antivirus yang lengkap tapi sesuaikan dengan kapasitas computer. Karena bila terlalu berat akan membebani computer sehingga loadingnya lama. Unduh Gratisan Beberapa antivirus yang sedang mengeluarkan versi terbarunya menyediakan trial untuk dicoba selama kurun waktu tertentu, biasanya 30-50 hari. anda bisa memanfaatkan antivirus gratisan itu untuk menguji keampuhannya. Bila memang sesuai bisa dilanjutkan membeli versi komplitnya. Masa berlaku juga hendaknya dipertimbangkan agar tidak boros anggaran.


2. Update Harian

Pilihlah antivirus yang selalu melakukan pembaharuan tiap hari, artinya dia mengikuti perkembangan virus-virus berbahaya sehingga laptop atau computer lebih aman. Bila sudah memilikinya pun anda tetap harus selalu melakukan update agar antivirus tidak mati.


3. Coba dan Pastikan

Bila belum yakin dengan merk antivirus tertentu bisa mencobanya di computer yang sudah banjir virus. Lihatlah hasilnya, apakah antivirus tersebut mampu mendeteksi keberadaan virus tercanggih? Tanda bila computer yang banyak virusnya itu menjadi sehat kembali setelah dimasukkan antivirus terletak pada kecepatan prosesnya.


4. Lihat Kocek

Apabila ternyata uang anda kurang mendukung untuk membeli antivirus, ada dua dua cara yang bisa digunakan. Pertama, pinjam cd antivirus pada teman yang membeli dengan membayar semampunya. Kedua, pilih antivirus gratis yang bisa diunduh bebas di internet. Memang kekuatan antivirus gratis ini dibawah antivirus komplit, tapi lebih baik daripada computer anda tidak punya antivirus sama sekali.