Blog

Tokoh Tokoh Penting Dalam Perkembangan Teknologi

Tokoh Tokoh Penting Dalam Perkembangan Teknologi

Tokoh Tokoh Penting Dalam Perkembangan Teknologi

25 September 2019

Tahukah kalian tokoh-tokoh yang berperan penting dalam perkembangan teknologi sehinngga di jaman kita yang sekarang ini semuanya menjadi serba cepat dan mudah?

Berikut ulasannya.

 

1. Bill Gates

Meskipun bukan orang pertama yang membuat sistem operasi, Bill Gates dan Windows-nya telah membantu banyak pengguna komputer pribadi.

Bill Gates dianggap menjiplak Graphic User Interface (GUI) yang dikembangkan oleh Apple, di mana Apple sendiri juga dianggap menjiplak Xerox PARC. Walaupun begitu, jika bukan karena Gates dan perusahaan Microsoft miliknya, mungkin kita tidak akan bisa mengoperasikan komputer dengan mudah seperti sekarang.

 

2. Alan Turing

Kelahiran Inggris, Alan Turing merupakan orang pertama yang memiliki gagasan tentang penggunaan komputer modern untuk berbagai keperluan manusia.

Ketika masa perang dunia kedua, ia membantu pihak sekutu untuk memenangkan perang karena berhasil menemukan mesin yang dapat membongkar kode rahasia Nazi.

Seusai perang dunia kedua, ia mengembangkan sebuah mesin yang mampu secara logis mengolah informasi.

Tidak cukup di situ, Turing juga mengembangkan mesin yang nantinya akan menjadi dasar dari kecerdasan buatan alias Artificial Intellegence.


BACA JUGA : Produk Teknologi Buatan Google Yang Paling Terkenal

 

3. Tim Berners-Lee

Mencari informasi di era modern seperti sekarang bisa dilakukan dengan sangat cepat. Hanya butuh beberapa detik berselancar di dunia maya untuk menemukan apa yang kita butuhkan. Kenikmatan tersebut  bisa kita dapatkan berkat andil dari Tim Berners-Lee. Ia merupakan orang yang menciptakan World Wide Web.

Beliau juga membuat browser dan server web pertama. Situs web pertama yang ada di dunia pun juga ciptaannya, yang beralamat di info.cem.ch. Meskipun menemukan sesuatu yang sangat bermanfaat bagi masyarakat, Berners-Lee tetap rendah hati dan tidak ingin mendapatkan banyak sorotan.

Bahkan, ia tidak mempatenkan World Wide Web sehingga kita bisa menggunakannya secara bebas hingga sekarang.

 

4. Martin 'Marty' Cooper

Martin Cooper adalah pelopor dalam industri komunikasi nirkabel, terutama di bidang spektrum radio. Pengetahuannya di bidang ini sangat membantunya mengembangkan handphone.

Ketika bekerja di Motorola tahun 1970-an, ia berhasil menemukan handphone pada tahun 1973. Baru sepuluh tahun kemudian barang tersebut dibawa ke pasar.

Berkat penemuannya ini, ia dianggap sebagai bapak teknologi. Selain itu, ia juga menjadi orang pertama dalam sejarah yang melakukan panggilan telepon menggunakan handphone.


Yuk cek http://zignatic.com untuk artikel menarik lainnya. Jangan lupa klik menu lainnya juga ya !