Blog

Augmented Reality

Augmented Reality

Augmented Reality

07 Januari 2022

Pengertian Augmented Reality

Augmented Reality (AR) juga disebut realitas tertambah merupakan penggabungan secara real-time terhadap konten digital dan dunia nyata. Sehingga pengguna bisa melihat objek dunia maya dalam bentuk 2D & 3D. Pernahkah kamu menggunakan teknologi ini dalam Jika menyadari teknologi ini, sebenarnya sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari bahkan mungkin saja kamu sudah menggunakannya melalui aplikasi yang terinstal dalam smartphone milikmu.

 

Augmented Reality dapat menyisipkan objek dunia maya dan menampilkannya ke dunia nyata dengan bantuan kamera, kaca mata khusus dan bahkan webcam. 

 

Cara Kerja Augmented Reality

AR dapat ditampilkan pada berbagai perangkatseperti layar, layar ponsel, webcam, kacamata sebagai output. Mengapa sebagai output? Karena akan menampilkan objek seperti video, gambar, animasi dan 3D modeling yang diperlukan. Sehingga orang dapat melihat hasilnya dalam cahaya buatan dan alami.

AR menggunakan teknologi SLAM (Simultaneous Localization and Mapping), sensor dan pengukur kedalaman. Misalnya, mengumpulkan data sensor untuk menghitung jarak dari lokasi sensor sebelumnya ke lokasi sensor tujuan, dll.

 

Penerapan Augmented Reality di Berbagai Bidang

  • Sosial Media

Fitur AR yang paling sering digunakan yakni Instagram. Hampir semua orang bisa menggunakan filter pada aplikasi yang satu ini karena terdapat banyak filter menarik dan menghibur. Filter-filter tersebut dibuat menggunakan AR sebagai objek 3D dan juga menggunakan teknologi AI (Artificial Intelligence) sebagai logikanya.

  • Game

Bagian utama dari daya tarik permainan ini adalah penggabungan dunia nyata dengan karakter Pokemon favoritmu.

Game ini adalah definisi AR yang menyenangkan. Sebenarnya sudah ada beberapa game AR lain yang telah menyalin konsep yang sama seperti Jurassic Park dan game AR bertema Harry Potter.Visual yang ditunjukkan permainan ini akan membuat kamu seolah-olah masuk dalam dimensi lain.

  • Medis

AR sekarang digunakan dalam pelatihan medis. Aplikasinya berkisar dari penggunaan peralatan MRI, mempelajari seluk beluk anatomi hingga melakukan operasi yang rumit.

  • Retail

Teknologi ini memberikan kemudahan untuk para pelanggan agar dapat merasakan produk tersebut secara virtual tanpa harus mendatangi toko atau showroom. Sebagai contoh salah satu produk kecantikan yang mengaplikasikan hal ini untuk membantu pelanggan mereka dalam memilih warna foundation dan lipstick yang sesuai dengan warna kulit.