Blog

SEO Search Engine Optimization

SEO Search Engine Optimization

SEO Search Engine Optimization

26 Januari 2022

Search Engine Optimization atau SEO merupakan tindakan optimasi website yang dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan ranking teratas di hasil pencarian. Dengan mendapatkan peringkat terbaik di hasil pecarian maka potensi untuk mendapatkan banyak traffic organic juga akan semakin besar dan dapat membantu dalam mendapatkan traffic yang tepat.

 

Jenis-jenis SEO


  1. SEO On Page

Penerapannya dilakukan dengan melakukan beberapa perbaikan dan perubahan pada konten dan halaman website anda. Hal-hal yang perlu diperhatikan, diantaranya sebagai berikut :

a.       Riset kata kunci

Bertujuan untuk dapat mengetahui seberapa besar proyeksi trafik yang bisa anda peroleh sesuai dengan keyword yang relevan dengan bisnis anda. Selain itu, perlu untuk mengecek kata kunci yang digunakan kompetitor agar dapat membuat halaman dengan konten yang lebih baik dari kompetitor bisnis. Pastikan untuk membuat konten atau tampilan halaman situs yang menarik dan unik agar saat Google melakukan crawling, situs anda tidak dianggap sebagai spam atau mengandung unsur duplikasi konten.

b.      Optimasi Halaman Website

Selanjutnya yaitu melakukan perbaikan, khususnya untuk bagian konten dari situs website. Optimasinya meliputi penambahan deskripsi dan meta title, heading yang baik, persebaran keyword density, penulisan alt image, struktur konten yang jelas, serta pembuatan konten yang relevan dengan keyword yang anda targetkan.

c.       Menyesuaikan UX

Penyesuaian elemen, warna, teks, gambar hingga tombol dari halaman website agar pengunjung mendapatkan pengalaman yang baik. Anda juga harus memperhatikan kecepatan web hingga pengembangan struktur konten yang sesuai dengan tema yang dibuat. Semakin mudah user dalam mengakses situs anda, maka traffic pengunjung akan meningkat dan menambah nilai authority dari website.

BACA JUGA : NFT Beserta Asset Digitalnya


  1. SEO Off Page

Langkah ini biasanya berfungsi untuk membantu meningkatkan traffic website, apabila dalam pengembangannya optimasi on page website dirasa belum cukup dan mampu untuk meningkatkan konversi traffic bisnis anda.

a.       Menambah Backlink

Backlink merupakan cara yang sering digunakan oleh pemilik website untuk dapat meningkatkan authority jika situs link anda ditempatkan atau berada pada pemilik web yang lain. Situs link yang anda miliki akan berada pada website lain dan biasanya menjadi bentuk rekomendasi terhadap situs anda.

b.      Promosi

Cara ini dapat dilakukan dengan mengunggah halaman website anda pada situs media sosial yang anda miliki. Tujuannya adalah untuk mendapatkan cakupan pengunjung yang lebih luas lagi. Platform sosial media yang bisa menjadi sasara adalah facebook, twitter dan Instagram. Platform tersebut menyediakan promosi dalam bentuk iklan berbayar untuk mempromosikan produk bisnis anda.

Semakin banyak relasi yang terbentuk dapat menambahkan jumlah traffic yang masuk pada situs yang anda miliki.


BACA JUGA : DAFTAR KOIN DAN KAPITALISASI PASAR

 

Mengapa SEO itu penting?


1. Traffic banyak dihasilkan melalui konten di halaman pertama

2. Website lebih mudah ditemukan di halaman pencari

3. Membangun brand yang anda miliki

4. Meningkatkan kepercayaan pelanggan

5. Mendapatkan leads hingga meningkatkan penjualan